7 Trik Cerdas Hemat Listrik Di Rumah Baru

7 Trik Cerdas Hemat Listrik Di Rumah Baru

Melakukan program hemat memang tak semudah yang dikatakan banyak orang terlebih lagi menyangkut tenaga listrik di rumah baru. Meskipun tidak sedikit developer yang jual rumah dengan mengusung rumah hemat tenaga listrik karena ada panel surya di dalam bangunan rumah. Namun bila kita masih memiliki kebiasaan boros listrik hal itu akan tetap menjadi hal yang sia – sia. Biaya listrik yang semakin melonjak membuat kita terpaksa harus melakukan hemat daya listrik di rumah baru.

Setiap orang baik itu orang miskin atau orang kaya pasti akan memiliki kesenangan dan kebanggaan tersendiri ketika berhasil melakukan program penghematan. Siap sih yang rela untuk membayar listrik dengan biaya tinggi setiap bulannya? Dengan melakukan penghematan listrik di rumah baru tak hanya menyelamatkan kantong kita dari kekeringan namun juga lingkungan serta bumi yag kita tempati ini. Coba lakukan beberapa trik cerdas paling efisien yang dapatkamu lakukan untuk menghindari pemborosan listrik.

Ganti AC Dengan Kipas Di Langin Langit

Jika kamu memiliki rumah baru yang sering terasa panas karena siklus perputaran udara yang kurang baik. Kamu bisa memanfaatkan kipas angin di langit langit. Kipas angin akan lebih hemat dibandingkan dengan memasang AC.

Gunakan Lampu LED

LED merupakan salah satu bola lampu pintar yang di desain untuk hemat listrik. Tidak sedikit developer yang jual rumah menawarkan rumah yang sudah memiliki lampu LED di dalamnya. Jika di rumahmu belum menggunakan lampu LED sebaiknya segera ganti sebelum pengeluaranmu lebih boros lagi. Dengan lampu LED kamu akan mengurangi anggaran pengeluarab sebesar 50 % hingga 75 %.

Cabut Colokan Listrik

Banyak masyarakat yang sering melakukan kebiasaan buruk yang satu ini. Meskipun peralatan listrik yang dicolokan tidak digunakan namun faktanya colokan yang tetap menancap tetap terus menghisap aliras listrik. Coba lihat sekeliling rumah dan pastikan tidak ada peralatan listrik yang tidak digunakan dicolokan.

Buka Jendela Di Malam Hari Dan Tutup Gorden Di Siang Hari

Bagi kamu yang sering merasa gerah pada saat malam hari dan siang hari kamu bisa melakukan trik cerdas yang satu ini. Tahukah kamu bila rumah akan terasa lebih sejuk ketika kamu menggunakan tirai gelap di jendela untuk menutupi sinar matahari. Kamu juga bisa membuka jendela untuk memberikan udara sejuk saat malam hari.

7 Trik Cerdas Hemat Listrik Di Rumah Baru

Manfaatkan Tenaga Surya

Tidak sedikit rumah baru yang memiliki panel surya untuk menghemat energi listrik yang kita keluarkan. Meskipun harga membeli dan memasangnya terbilang cukup mahal. Namun hal ini akan sangat wajar karena kita akan menggunakannya setiap hari untuk menghemat energi, lagi pula panel surya tidak perlu diganti dan dipasang dalam waktu yang dekat. Biaya listrik di rumah baru pun akan otomatis berkurang. Selain itu emisi karbon pun akan mulai berkurang secara perlahan. Biaya mahal di awal tidak akan menjadi masalah yang terlalu serius bukan?

Musnahkan Barang Elektronik Lama

Barang – barang elektronik yang lama akan menguras listrik lebih banyak karena dayanya yang mulai berkurang. Meskipun kondisinya masih cukup bagus dan bisa digunakan. Mesin cuci atau kulkas berumun 10 tahun, mereka memang awet dan tahan lama namun akan menghabiskan banyak biayalistrik. Kini saatnya kita untuk berfikir lebih cerdas lagi. Kamu bisa membeli peralatan baru yang bahkan sudah dilengkapi dengan penghemat energi listrik. Cobalah, dan rasakan hematnya!

Manfaatkan Air Dingin

Meskipun memang terasa cukup menyiksa ketika kamu mandi dengan air dingin dengan suhunya yang menusuk ke dalam tubuh. Namun tahukah kamu jika mandi dengan menggunakan air dingin membuat tubuhmu lebih segar dan sehat? Terlebih lagi ketika dilakukan saat pagi hari. Selain itu bagi kamu yang memiliki kebiasaan untuk mencuci baju menggunakan air hangat dengan alasan agar lebih bersih. Kamu salah karena air dingin juga memiliki fungsi yang sama. Namun jika baju mu sangat kotor kamu bisa menggunakan air hangat.

Usahakan sebisa mungkin untuk menghemat dan melakukan sesuatu yang menguntungkan untuk mengurangi aliran listrik setiap harinya. Mulai dengan menghilangkan kebiasaan – kebiasaan buruk lalu dengan hal lainnya yang lebih luas. Semoga ulasan trik cerdas hemar energi di rumah baru tersebut dapat bermanfaat dan diterapkan dengan baik. Terima kasih.