Apa Itu Asuransi Traveling & Apa Saja yang Harus Diketahui?

Asuransi Traveling

Banyak orang Indonesia yang hendak melakukan perjalanan liburan bertanya-tanya, sebenarnya apa itu asuransi traveling atau asuransi perjalanan dan apa pentingnya menggunakannya. Pada dasarnya, asuransi perjalanan ini sama saja dengan asuransi yang lainnya, yakni bertugas memproteksi. Bedanya, ini melindungi Anda saat di perjalanan untuk ulasan lengkapnya dapat anda baca di https://travellin.co.id/.

Banyak negara yang mewajibkan seorang turis yang masuk ke negaranya untuk memiliki asuransi perjalanan. Negera-negara ini kebanyakan ada di Amerika dan Eropa. Sebenarnya, seberapa penting menggunakan ini? Apa saja hal-hal yang harus Anda ketahui tentang asuransi perjalanan ini. Berikut jawabannya.

  1. Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan sebenarnya memiliki banyak jenis. Asuransi perjalanan yang paling umum digunakan orang-orang adalah asuransi perjalanan internasional. Asuransi ini bisa melindungi Anda dari berbagai risiko, termasuk risiko medis dalam waktu yang telah ditentukan selama masa perjalanan Anda.

Selain itu, ada juga asuransi tahunan. Asuransi yang satu ini akan meng-cover perjalanan domestik maupun perjalanan internasional ke berbagai negara dengan banyak keperluan sepanjang tahun. Ada juga asuransi perjalanan khusus untuk ibadah haji dan umroh serta asuransi perjalanan domestik yang hanya melayani perjalanan di Indonesia saja.

  1. Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan

Sekarang ini, mendaftar asuransi makin mudah. Anda tak perlu lagi mendatangi kantor asuransinya. Cukup melalui cara daring saja. Anda hanya perlu masuk ke situs asuransi perjalanan tersebut lalu mengisi data diri, negara yang dituju, serta lamanya waktu perjalanan dan pilih juga jenis asuransi yang ingin diambil.

Untuk melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan kartu kredit ataupun cara lain yang sudah disediakan pihak asuransi. Sangat mudah, kan? Anda tak perlu lagi menggunakan cara lama. Di situs tersebut, Anda juga bisa mengetahui apa itu asuransi traveling lebih lanjut karena penjelasannya sangat lengkap.

  1. Harga dan Tanggungan

Sebenarnya, untuk harga premi yang harus Anda bayarkan ke perusahaan asuransi itu sangat kecil. Hanya sepersekian persen saja, tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan yang akan Anda keluarkan. Contohnya saja untuk negara-negara di Asia, Anda hanya perlu membayar sekitar 12 dolar AS saja per pembayaran waktu premi.

  1. Apa yang Ditanggung Asuransi Perjalanan?

Selanjutnya mengenai tanggungan dari asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan yang Anda gunakan menanggung banyak hal yang memudahkan Anda. Misalnya saja saat pemberangkatan. Bila terjadi pesawat delay atau pembatalan penerbangan, Anda bisa memperoleh kompensasi atas hal itu.

Bila Anda mengalami kehilangan bagasi, juga akan memperoleh kompensasi. Selain itu, saat sudah tiba di negara tujuan, Anda bisa menikmati perlindungan dari kecelakaan, sakit sewaktu liburan dan kehilangan dokumen penting. Tak hanya itu, rumah yang Anda tinggalkan selama liburan juga akan mendapat perlindungan dari pihak asuransi perjalanan.

  1. Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Lalu mengenai cara klaim. Mayoritas penyedia jasa asuransi perjalanan menerapkan skema reimburse dalam pengajuan klaim. Contohnya, bila Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, Anda bisa berobat terlebih dulu di negara tersebut. Selanjutnya, mintalah surat keterangan dari dokter sebagai bukti untuk mengajukan klaim setiba Anda di Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai apa itu asuransi traveling dan apa saja yang harus Anda ketahui mengenainya. Menggunakan asuransi perjalanan itu memang penting. Sebab, dengannya Anda bisa terhindar dari berbagai risiko yang bisa saja terjadi selama masa liburan Anda. Tapi, Anda harus teliti saat membeli asuransi, ya! Pastikan Anda mengerti seluruh syaratnya.