Bahaya Obat Sakit Kepala dan Cara Alami Mengatasinya

Bahaya Obat Sakit Kepala

Pernahkan Anda mengalami sakit kepala di saat meeting, presentasi atau jam pelajaran di dalam kelas? Rasa sakit yang menyerang ini tentu sangat mengganggu aktivitas kita. Sakit kepala akan menurunkan konsentrasi, mengacaukan mood yang berakibat pada kacaunya kegiatan dan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Hal ini menyebabkan banyaknya orang yang memutuskan untuk mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas dan dikonsumsi tanpa resep dokter.

Setelah mengonsumsi obat, bisanya sakitnya akan berangsur-angsur hilang. Umumnya obat sakit kepala mengandung bahan analgesik (penghilang nyeri) seperti parasetamol dan ibuptofen. Sebenarnya, dua bahan ini digolongkan aman dan cepat diserap tubuh. Walaupun ringan, jenis obat ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Fakta menunjukkan bahwa mengonsumsi obat sakit kepala secara terus menerus dapat memperparah keadaan. Hal ini disebabkan oleh obat sakit kepala yang membuat otak lebih sensitif terhadap rasa sakit dan akhirnya penderita menjadi lebih rentan terhadap sakit. Bahan-bahan yang ada di obat sakit kepala ini juga bisa merusak organ tubuh seperti meracuni hati, merusak pencernaan dan memicu timbulnya penyakit maag.

Anda sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara bijak dan dengan dosis yang benar. Anda juga bisa menghilangkan sakit kepala dengan cara alami dan mudah seperti di bawah ini:

  1. Banyak Minum Air Putih

Kekurangan cairan atau disebut juga dehidrasi adalah salah satu pemicu munculnya sakit kepala. Pastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi setiap harinya dengan mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas.Bahaya Obat Sakit Kepala

  1. Lakukan Streching

Penegangan saraf yang terjadi pada seseorang adalah faktor lainnya yang dapat menimbulkan rasa sakit di kepala. Rajin-rajinlah melakukan peregangan untuk menenangkan saraf seperti yoga ataupun olahraga ringan.

  1. Perbaiki Waktu Tidur Anda

Sakit kepala bisa pula disebabkan oleh kurangnya jam tidur. Kurang tidur menyebabkan penegangan pada bagian otot dan sistem saraf. Pastikan jam tidur Anda tercukupi dan hindari bergadang sampai larut malam.

  1. Gunakan Es Batu

Gosokkan es batu secara perlahan pada bagian-bagian kepala seperti kening, samping kepala dan kalau perlu bagian belakang kepala. Kandungan sifat dingin yang ada pada es batu dipercaya ampuh meredakan sakit kepala.

Itulah pembahasan mengenai bahaya mengonsumsi obat sakit kepala secara berlebihan dan cara alami paling mudah untuk menghilangkan sakit kepala. Semoga bermanfaat!