Begini Cara Memilih Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Daki

Begini Cara Memilih Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Daki

Tidak sedikit jenis sepatu gunung yang diciptakan untuk mendaki. Beberapa diantaranya memiliki fungsi dan kegunaannya masing – masing. Mulai dari medan yang ringan hingga medan yang cukup berat hingga memerlukan sepatu gunung eiger dengan jenis yang berbeda – beda. Berikut beberapa jenis sepatu gunung atau sepatu hiking yang dapat kamu pilih dan sesuasi kan dengan medan yang akan kamu tempuh.

Sendal Hiking

Alas kaki yang pertama ini dapat kamu gunakan untuk melakukan pendakian dengan trekking yang santai. Beratnya yang cukup ringan tidak akan membuat sang pemakai kelelahan. Beberapa pendaki menggunakan sandal hiking ini untuk menempuh trekking pendek atau digunakan sebagai alas kaki ketika melakukan perkemahan.

Sepatu Lari

Sepatu gunung jenis sepatu lari ini sama dengan sepatu lari pada umumnya. Hanya saja ini khusus digunakan untuk melewati jalur – jalur gunung. Para pendaki biasanya menggunakan sepatu gunung eiger jenis ini untuk jalur trekking yang pendek sekitar 1 hingga 5 mil. Meskipun tampak sama dengan sepatu lari pada umumnya namun sepatu gunung ini memiliki sol sepatu yang dibuat lebih keras dan kuat sehingga akan melindungi kaki dari cuaca dan kondisi medan yang cukup buruk. Sepatu ini juga dapat dengan nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari – hari.Begini Cara Memilih Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Daki

Sepatu Hiking

Sepatu ini cocok dikenakan untuk melakukan pendakian yang memiliki jalur yang tidak berat atau cukup landai. Jalur pendakian seperti gunung papandayan atau gunung prau ini sangat cocok untuk sepatu gunung jenis ini. Umumnya sepatu hiking dibuat dengan menggunakan bahan kilit, suede, dan nilon. Meskipun tidak memiliki bantalan kaki yang cukup tinggi namun sepatu hiking ini masih dapat melindungi bagian engkel atau pergelangan kaki. Hati – hati saat memilih sepatu ini, karena banyak sepatu yang memiliki bentuk persis seperti sepatu hiking padahal memiliki fungsi yang berbeda.

Sepatu Gunung Boot

Sepatu gunung eiger dengan jenis boot ini sangat cocok dikenakan untuk menempuh pendakian yang cukup berat dan terjal. Bantalan yang cukup tinggi akan membuat kaki merasa nyaman pada saat memijakan kaki di permukaan bebatuan dan tidak akan menimbulkan rasa nyeri. Umumnya sepatu jenis ini sangat cocok digunakan untuk pendakian gunung yang memakan waktu cukup lama.