Dari Segi Gizi Domba VS Kambing sebagai Hewan Qurban

Kambing jantan bisa digunakan kurban

Ibadah qurban merupakan ibadah yang dilakukan pada hari raya Idul Adha sebagai rasa syukur umat muslim atas nikmat hidup yang Allah berikan. Qurban dapat dilakukan jika Anda sudah baligh dan sudah memiliki kemampuan untuk membeli hewan qurban. Anda bisa qurban domba sebagai pilihan selain qurban kambing. Berikut perbandingannya dari segi gizi.

  1. Rincian Gizi pada Daging Domba

Domba merupakan hewan qurban yang tidak begitu populer dipilih oleh masyarakat Indonesia. Padahal memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada daging kambing, pernyataan ini dinyatakan oleh Direktorat Gizi Departmen Kesehatan RI. Rincian gizi yang ada pada 100 gram daging domba saja sudah memiliki 206 kalori, 14,8 gram lemak, dan 17,1 gram protein.

Daging domba juga memiliki kandungan 10 mg kalsium, 2,6 mg zat besi, 0,15 mg vitamin B1, 191 mg fosfor, dan 66,3 gram air. Kadar gizi ini jelas lebih kaya pada daging domba dibandingkan daging kambing. Bagi Anda yang sedang diet sangat bagus memakan daging domba yang rendah lemak karena memiliki sumber protein yang tinggi.

Kandungan fosfor yang tinggi pada domba sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang dalam keadaan hamil atau pun memiliki bayi. Sebab kandungan fosfor sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda terutama pada perkembangan otaknya.

Kandungan kalori pada daging kambing dengan berat 85 gram hanya memiliki kalori sebesar 122 dan memiliki kandungan lemak sebesar 2,6 gram. Kandungan kolesterol pada daging kambing memang rendah dibandingkan dengan daging sapi. Namun kolesterol daging kambing lebih tinggi dari domba. Berat 85 gram saja daging kambing memiliki kandungan kolesterol 63,8 gram.

Namun dibandingkan daging domba dengan berat 85 gram memiliki kandungan lemak sebesar 78,2 gram. Meskipun lemak pada daging kambing dinyatakan lebih rendah, Anda tetap saja tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Akibatnya akan buruk bagi kesehatan Anda.

Dari Segi Gizi Domba VS Kambing sebagai Hewan Qurban

  1. Dari Segi Tekstur Daging

Adanya kandungan gizi yang lebih tinggi pada daging domba daripada daging kambing membuatnya memiliki tekstur yang lebih empuk. Daging domba juga tidak memiliki bau yang terlalu menyengat seperti daging kambing.

Jadi bagi Anda yang tidak suka daging kambing bisa berqurban dengan domba sebagai pilihan agar bagian 1/3 dari hewan qurban dapat Anda nikmati. Namun memberinya secara keseluruhan kepada orang fakir seperti berqurban secara online akan menjauhkan Anda dari sifat tamak.

Daging kambing memiliki warna yang lebih merah dibandingkan daging domba dengan lemaknya yang berwarna putih. Aroma daging domba yang tidak terlalu menyengat akan membuat Anda lebih leluasa dalam mengolahnya menjadi sup atau pun masakan lainnya.

  1. Di mana Perternakan Lokal Domba

Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan domba sebagai hewan qurban dapat memilih daerah lokal yang berasal dari Garut, Wonosobo, dan Banjarnegara. Anda juga bisa mendapatkannya di Sulawesi dan Nusa Tenggara. Jika tidak ada, Anda juga bisa memilih domba yang diimpor dari luar negeri seperti australia yang bisa dipesan secara online.

Pelaksanaan qurban sesuai dengan kemampuan Anda. Jika kemampuan Anda qurban domba maka pilihlah domba yang sehat dan yang terbaik. Begitu juga pada hewan qurban lainnya. Pastikan domba yang Anda pilih memenuhi semua syarat sah hewan qurban agar keberkahan dari ibadah qurban Anda dapat diterima oleh Allah yang maha pengasih dan penyayang.