DIY – Tips Membuat Teralis Jendela Sendiri

Teralis merupakan salah satu konstruksi bangunan yang kegunaannya bisa dikatakan untuk keamanan. Jika Anda ingin melengkapi keamanan jendela Anda dengan teralis tapi harga jual teralis tidak sesuai dengan budget Anda, Anda bisa membuatnya sendiri berikut cara membuat teralis sederhana dan minimalis seperti pada gambar.

DIY - Tips Membuat Teralis Jendela Sendiri

Alat dan Bahan

  • Potongan besi, bisa gunakan besi beton ulir atau besin beton lurus
  • Lembaran plat besi
  • Alat pemotong besi
  • Mesin las (jika ada)
  • Mur dan Baut
  • Obeng
  • Cat Minyak

 

  1. Ukur Jendela

Tentunya hal yang pertama – tama harus Anda lakukan adalah mengukur panjang dan lebar jendela. Sebagai contoh jendela dengan ukuran panjang 100cm dan lebar 50cm, buat ukurannya menjadi 99cm dan 54cm untuk memotong bagian – bagian besi dan plat besi. Pengurangan ukuran ini dilakukan karena pastinya pemasangan teralis yang nantinya akan dipasang memakan sedikit ruang. Jangan sampai salah mengukur ya, karena akan membuat bahan terbuang sia – sia. Niat ingin berhemat, malah membuat anggaran biaya menjadi keluar lebih banyak melebihi harga jual teralis di pasaran.

 

  1. Potong Besi dan Plat Besi

Setelah mendapatkan ukuran teralis yang sesuai, Anda bisa mulai memotongnya.

  • Buat 2 potong besi dengan ukuran panjang sesuai jendela.
  • Lalu buat potongan besi kembali sebanyak 5 buah sesuai dengan ukuran lebar jendela.
  • Kemudian potong besi menjadi 4 bagian dengan ukuran lebih pendek dari ukuran potongan lebar awal, kurangi ukurannyanya kira – kira 3cm saja.
  • Setelah potongan besi untuk merangkai teralis sudah siap, Anda bisa mulai memotong plat besi menjadi 4 bagian yaitu 2 bagian panjang, dan dua bagian lebar.

 

  1. Mengelas Atau Menyambung Bagian Besi

Setelah Anda mendapati bagian – bagian teralis besi yang sudah dipotong, Anda bisa menyambung nya dengan mengelas setiap besi menjadi rangkaian teralis besi seperti gambar diatas. Jika Anda tidak memiliki peralatan las, Anda bisa pergi ke tukang las untuk mengelas teralis Anda.

 

  1. Pengecetan Teralis

Setelah semua besi sudah terpasang rapih, dan ukurannya sudah pas dijendela Anda bisa mempercantik tampilan teralis dengan mengecatnya. Gunakan cat minyak agar warna teralis terlihat seperti mengkilap. Pengecatan ini dilakukan bukan hanya sekedar mempercantik saja, melainkan juga untuk mencegah korosi atau karatan akibat debu menempel.

 

  1. Pasang Teralis Jendela

Setelah dari proses pemotongan sampai pengelasan dan finishing akhir pengecatan sudah selesai, Anda sudah bisa memasangnya di jendela.

Buat beberapa lubang pada bagian plat besi sebagai tempat mur dan baut, gunakan mesin bor besi untuk melubanginya. Jika sudah Anda lubangi teralis nya, Anda bisa langsung pasang pada jendela Anda dan kelar sudah. Mudah bukan? Dengan buat sendiri teralis jendela tentunya harganya lebih hemat dari harga jual teralis yang dibeli langsung pakai.