Kenali 5 Manfaat Giro

Manfaat Giro

Anda pernah mendengar kata “giro”? Istilah perbankan ini pasti banyak sekali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Giro merupakan salah satu bentuk metode pembayaran selain cek. Dengan membayar menggunakan giro, itu artinya Anda akan mendapatkan surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang Anda ke rekening pihak penerima pembayaran. Sistem giro ini tak hanya digunakan oleh pabrik atau perusahaan dalam skala besar, tapi juga bisa dimanfaatkan secara perorangan atau individu. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas apa saja manfaat giro ini, berikut enam manfaat membayar giro.

Memberikan Kemudahan dalam Bertransaksi Sewaktu-waktu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada umumnya giro ini dipakai oleh perusahaan besar, maka manfaat kemudahan dalam bertransaksi bisa dirasakan oleh perusahaan pemegang giro. Misalkan ketika ada dua utusan perusahaan yang berdiskusi mengenai suatu proyek dan mencapai kesepakatan untuk melakukan proyek baru. Pelaksanaan proyek baru akan dimulai oleh perusahaan A jika perusahaan B telah membayar biaya sesuai dengan kesepakatan. Semakin cepat dibayar maka semakin cepat proyek dimulai.

Membawa uang tunai dalam jumlah yang besar tentu bukan hal yang aman dan praktis untuk dilakukan, bukan? Maka perusahaan B akan memberikan giro kepada perusahaan A untuk membayar sesuai dengan jumlah yang disepakati. Dengan catatan, jumlah tersebut tidak melebihi besarnya jumlah yang terdapat pada rekening tabungan perusahaan B

Bisa Digunakan untuk Membayar dalam Jumlah Besar

Kalau hanya untuk berbelanja di pusat perbelanjaan atau makan di restoran, Anda cukup menggesek kartu kredit maupun debit saja, bukan? Lalu bagaimana jika harga produk yang Anda beli jumlahnya cukup besar hingga mencapai 50 juta rupiah? Tentunya kurang efektif jika menggesek kartu kredit, bukan? Oleh sebab itu, giro bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Melakukan pembayaran melalui giro memungkinkan Anda bertransaksi dalam jumlah nominal yang lebih besar. Hal ini jauh lebih aman daripada harus membayar dengan membawa uang tunai. Dalam hal ini, giro memberikan keuntungan berupa nilai transaksi yang tak terbatas.

Pembayaran dengan Giro

Beberapa Perusahaan Ada yang Memakai Giro untuk Menggaji Pegawainya

Pada umumnya, gaji karyawan ditransfer melalui rekening bank. Namun, tidak semua karyawan memiliki rekening tabungan, apa lagi untuk karyawan baru. Daripada pihak perusahaan mengambil sejumlah uang tunai di bank, maka membayar gaji karyawan menggunakan giro akan jauh lebih aman. Mengambil uang tunai di bank dalam jumlah besar bisa mengundang para pelaku kejahatan untuk berniat tidak baik kepada Anda.

Uang Kita Dikelola Secara Aman oleh Bank

Karena giro ini prosesnya akan dilakukan antar bank, maka kita tidak perlu repot-repot membawa uang kita ke sana kemari ketika akan berbelanja atau melakukan transaksi lainnya. Anda bisa beristirahat dengan nyaman karena bank yang akan mengelola uang tersebut dengan aman. Berbeda jika Anda menyimpan uang yang akan Anda bayarkan kepada pihak tertentu di rumah, apalagi jika jumlahnya cukup besar, tentu Anda akan khawatir dan harus menjaganya setiap saat, bukan? Daripada hal ini mengganggu pikiran Anda, sebaiknya buat rekening giro dan titipkan uang Anda di sana. Ketika membutuhkan transaksi Anda tinggal memanfaatkan giro sewaktu-waktu.

Tidak Perlu Bingung Mencari Pecahan Uang

Ada kalanya nilai nominal transaksi yang disepakati tidak bulat sehingga kita pun memerlukan beberapa pecahan kecil uang. Pasti Anda sering mengalami masalah yang satu ini, bukan? Akibatnya Anda pun bingung mencari ke sana kemari agar mendapatkan pecahan uang sesuai yang dibutuhkan sehingga pembayaran bisa terlaksana dengan baik. berbeda jika Anda menggunakan giro, Anda tidak perlu repot-repot menukarkan uang karena pembayarannya akan dilakukan oleh bank.

Manfaat yang Anda dapat ketika memakai giro sebagai alat pembayaran ternyata cukup banyak, bukan? Apakah Anda tertarik untuk mencoba metode pembayaran yang satu ini? Untuk memanfaatkan layanan yang satu ini, Anda harus terlebih dahulu membuka rekening tabungan khusus. Cara membuka tabungan giro tidak sulit, asal Anda tidak pernah terlibat dalam catatan hitam Bank Indonesia. Selain itu, Anda juga harus melengkapi dokumen persyaratan yang diminta seperti salinan kartu identitas dan NPWP. Syarat ini berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing bank.