Ketahuilah Manfaat Dan Proses Melahirkan Normal Di Dalam Air

Melahirkan Normal Di Dalam Air

Manfaat dan proses melahirkan normal di dalam air. Pernahkah ibu mendengar proses melahirkan di dalam air? Metode melahirkan di dalam air ini memang telah lama masuk ke Indonesia, namun metode ini telah dijalankan sejak tahun 1970 an oleh masyarakat Rusia dan Perancis. Ada banyak keuntungan yang dirasakan oleh ibu dan bayi dengan metode melahirkan d dalam air ini. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita bahas bersama.

Manfaat Melahirkan Di Dalam Air

Banyak ahli yang menyatakan bahwa metode melahirkan di dalam air ini memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Manfaat melahirkan di dalam air bagi ibu adalah sebagai berikut.

  • Ibu akan merasakan lebih rileks di dalam air yang hangat, dengan rileks otot yang berkaitan dengan persalinan akan lebih elastis.
  • Cara melahirkan normal di dalam air ini akan mempermudah proses mengejan, sehingga rasa nyeri pada proses melahirkan normal tidak begitu dirasakan oleh ibu.
  • Selain itu, manfaat melahirkan di dalam air ini juga bermanfaat bagi bayi, berikut ini manfaatnya untuk bayi.
  • Peredaran darah bayi akan lebih baik, dan bayi akan lebih mudah memerah setelah dilahirkan.
  • Manfaat melahirkan di dalam air bagi bayi juga akan menurunkan resiko cedera pada kepala bayi.

Melahirkan Normal Di Dalam Air

Proses Melahirkan Water Birth

Proses melahirkan di dalam air ini tidak berbeda jauh dengan proses melahirkan normal pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah media melahirkannya yang ada di dalam air. Ibu akan mengejan seperti melahirkan normal biasanya, namun proses mengejan ini berada di dalam air. Yang perlu dan penting diperhatikan jika ibu memilih metode water birth ini adalah kondisi air di dalam kolam. Kondisi air ini harus hangat dan bersuhu antara 36 hingga 37 derajat Celcius. Jika kondisi air terlalu dingin bagi bayi, bisa jadi bayi akan mengalami hipotermia.

Itulah ulasan kita mengenai manfaat dan proses melahirkan normal di dalam air. Metode melahirkan ini memiliki manfaat bagi ibu dan bayi yang akan lahir. Jangan lupa untuk memilih tempat melahirkan yang terpercaya, agar proses melahirkan dengan metode ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.