Service TV LCD & LED : Apakah Berguna?

Service TV LCD & LED

Apakah servis tv LCD dan LED berguna? Pertanyaan ini sering muncul di benak pemilik TV LCD maupun LED. Mengapa servis TV canggih serta mahal ini menjadi momok? Ternyata, ada anggapan bahwa kemungkinan untuk memperbaiki TV yang canggih sangatlah kecil. Berbeda dengan TV tabung yang perangkatnya dapat dibongkar dan diotak-atik. Namun, anggapan tersebut hanyalah asumsi saja. Tidak ada fakta-fakta yang mendukungnya. Bila ditangani orang yang profesional, sangatlah mungkin TV LCD dan LED dapat berfungsi seperti semula. Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk membeli TV baru. Biasanya, masalah yang umum pada TV LED dan LCD seperti kabel power , audio, serta HDMI dapat diperbaiki. Jadi, ketika TV LED atau LCD Anda rusak, lakukanlah hal-hal berikut ini.

Mencari penyebab kerusakan

Hal paling penting ketika memperbaiki TV LED atau LCD ialah mencari tahu penyebab kerusakannya. Ketika TV Anda tiba-tiba mati, Anda tentu berpikir TV tersebut rusak. Pada beberapa kasus, servis TV LED ataupun LCD mengarah pada bagian softwarenya. Bila ternyata benar, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya.

Bila TV LED atau LCD benar-benar mati, jangan langsung menghubungi tukang servis. Pertama-tama, cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Anda dapat melalukan cara seperti menggunakan kabel power yang berbeda. Gunakan juga perangkat eksternal lain untuk memastikan apakah ada kesalahan yang dapat diperbaiki. Bahkan, bisa saja penyebab kerusakannya hanya karena kabel HDMI yang sudah terlalu tua.

Meskipun dapat diperbaiki sendiri, terkadang Anda juga membutuhkan bantuan orang yang ahli. Mereka dapat menemukan penyebab kerusakan pada TV Anda. Terdapat beberapa tempat servis yang menawarkan cek TV gratis. Manfaatkanlah penawaran mereka untuk memperlajari masalah TV Anda. Setelah itu, Anda dapat menilai apakah toko tersebut dapat mereparasi TV LED atau LCD. Bila tidak, cobalah untuk mencari tukang service lain yang berkualitas.

Servis TV LED – Apa Resikonya?

Terdapat beberapa orang yang mengaku mereka ahli di bidang tertentu. Padahal, portofolio mereka nyatanya tidak menunjukan hal serupa. Pastikan Anda menggunakan jasa servis TV yang profesional. Bila tidak, mungkin saja kerusakan pada TV Anda malah bertambah.

Untuk menemukan tukang servis TV yang profesional, pastikan Anda langsung berkomunikasi dengannya. Tanyakanlah mengenai kemampuan dan pengalamannya. Bila perlu, bawalah mereka ke rumah Anda. Anda akan melihat apakah mereka dapat memperbaiki TV Anda atau tidak. Akan lebih baik jika mereka memberikan garansi selama beberapa hari atau minggu. Bila kemudian muncul masalah pada TV, Anda tinggal komplain ke mereka.

Langkah Selanjutnya Bila TV Anda Rusak

Ketika TV bermasalah, mungkin saja Anda tidak dapat menemukan penyebabnya. Bila mengalami hal ini, jangan ragu untuk meminta pendapat dari orang yang ahli. Anda dapat bertanya pada toko-toko servis TV di sekitar tempat tinggal Anda. Karena sudah berpengalaman, biasanya mereka dapat mengetahui penyebab masalah di TV Anda. Bila belum sesuai, tidak ada salahnya mencari ke tempat yang lebih jauh. Usaha Anda akan terbayar ketika menemukan tukang servis berkualitas untuk TV Anda. TV Andapun dapat digunakan kembali. Bahkan, performanya bisa sama seperti ketika masih baru dibeli. Bila TV LCD atau LED masih bergaransi, mintalah saran terlebih dahulu ke tempat servis resminya. Selain dapat menghemat biaya, tempat servis resmi lebih dapat diandalkan. Mereka menyediakan peralatan yang mungkin saja dibutuhkan ketika proses servis.

https://www.repairsharks.com/blog/led-lcd-tv-repair/led-lcd-tv-repair-is-it-worth-it.html