3 Cara Mempercepat Internet Kantor yang Mudah

Cara Mempercepat Internet Kantor yang Mudah

Internet kantor Anda bermasalah? Yah, tak heran kalau kecepatan internet di kantor sering mengalami masalah dikarenakan banyak orang yang menggunakannya. Namun, Anda bisa melakukan langkah untuk mengatasi kecepatan internet di kantor agar kembali normal. Bagaimana caranya?

  1. Pengaturan Bandwidth

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi koneksi internet di kantor yang lambat adalah mengatur bandwidth-nya. Selain dikarenakan faktor cuaca, biasanya intert bisa lambat dikarenakan pengaturan bandwidth yang tak ada. Ketahuilah, pengaturan bandwidth itu terbagi dalam tiga cara.

Pertama Bandwidth Management, kedua Bandwidth Prioritas dan terakhir adalah Internet Filtering. Anda harus memahami ketiga pembagian bandwidth tersebut untuk bisa mengaturnya agar sesuai dengan kebutuhan. Akan lebih mudah bila Anda menggunakan jasa pengaturan bandwidth saja bila tak mengetahui caranya.

Sekedar saran, agar jaringan internet bisa lebih cepat, Anda bisa membagi bandwidth pada setiap divisi perusahaan. Selain itu, aktifkan juga internet filtering untuk menanggulangi adanya penyalahgunaan layanan internet di kantor Anda. Dengan langkah ini, internet di kantor bisa lebih stabil kecepatannya.

  1. Perawatan Perangkat Hardware secara Berkala

Agar internet di kantor Anda bisa berjalan dengan baik, tentunya memerlukan hardware dalam penerapannya, kan? Namun, bila hardware-nya sudah ada namun tidak dirawat secara maksimal. Hal ini sama saja percuma. Hardware terlebih hardware perangkat jaringan lebih mudah rusak bila tak ada perawatan atau maintenance.

Tentunya, bila hardware sudah rusak atau mengalami gangguan, kecepatan jaringan internet di kantor Anda juga akan mengalami masalah. Bila dibiarkan berlarut-larut, masalah tersebut pada akhirnya akan menyebabkan jaringan internet kantor menjadi lambat serta tidak stabil. Oleh sebab itulah, maintenance harus dilakukan secara berkala.

Tujuannya tentu saja untuk mengetahui adanya kerusakan atau gangguan pada sistem jaringan internet tersebut. Bila ada, penanganan dini bisa dilakukan secepatnya. Dengan begitu, kecepatan internet kantor yang berkurang tak akan terjadi. Bagaimana cara melakukannya? Pertama, Anda bisa memastikan setiap kabel terpasang baik dan benar.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa kondisi masing-masing hardware mulai dari kabel, antena, wireless, dan lainnya. Bersihkan juga debu dan kotoran yang ada pada masing-masing perangkat dan jangan lupa untuk mengecek pengaturan jaringan internet di kantor dengan teliti sesudahnya.

  1. Mengubah Jenis Bandwidth

Langkah terakhir yang bisa dilakukan bila dua cara sebelumnya tidak membuahkan hasil adalah dengan mengubah jenis bandwidth yang digunakan. Saat ini, ada dua jenis bandwidth yang ada. Pertama adalah jenis up to dan yang kedua adalah jenis dedicated. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk bandridht up to misalnya, kelebihannya ada di harga yang relatif lebih murah. Hanya saja, kecepatan aksesnya tidak tetap dan harus dibagi dengan pengguna lain. Sedangkan untuk dedicated, kecepatan akses yang bisa didapat adalah sesuai dengan kapasitas bandwidth itu sendiri.

Dengan kata lain, kecepatan akses tetap bisa cepat meskipun traffic jaringan sedang mengalami peningkatan. Dari kedua jenis tersebut, mana yang cocok untuk kantor? Kalau untuk kantor yang butuh jaringan internet cepat, tentunya bandwidth jenis dedicated lebih disarankan dibanding jenis up to.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet di kantor. Tak usah bingung cari penyedia layanan internet dedicated terbaik. Hubungi saja Lintasarta. Anda bisa mendapatkan akses internet selama 24 jam non stop dan jaringannya juga lancar. Hal ini tentunya sangat pas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.