5 Variasi Menu Sarapan Pagi Anak, Bergizi Seimbang

5 Variasi Menu Sarapan Pagi Anak, Bergizi Seimbang

Sarapan menjadi hal yang wajib dan penting untuk dilakukan oleh setiap orang termasuk anak-anak. Sarapan membuat seorang anak memiliki energi yang membantunya dalam memulai aktivitas. Menu sarapan pagi anak haruslah bergizi seimbang agar anak tetap mendapatkan asuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. Omelet Sayur dan Jus

Variasi menu pertama dari menyiapkan sarapan pagi untuk si anak yaitu omelet atau telur dadar. Dalam pembuatannya Anda dapat menambahkan beberapa macam sayuran seperti wortel dan brokoli. Hal ini tentunya dapat menambah gizi serta menjadi solusi untuk anak yang tidak suka makan sayur. Anda bisa menambahkan nasi putih dalam penyajiannya.

Olahan buah seperti jus menjadi salah satu bentuk olahan yang mudah dicerna dalam tubuh. Anda bisa memilih berbagai jenis macam buah setiap harinya. Buah mengandung serat, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh anak. Selain menyehatkan jus juga menjadi minuman yang sangat menyegarkan.

2. Sandwich

Sandwich menjadi salah satu menu sarapan pagi yang mudah untuk dibuat. Isian sandwich juga sangat bervariasi, seperti telur, ayam krispi, daging, sayuran dan keju. Hal tersebut menjadikan sandwich menjadi makanan bergizi seimbang karena didalamnya terdapat karbohidrat, protein, serta vitamin yang baik untuk tubuh.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng mungkin menjadi salah satu menu favorit banyak orang termasuk anak-anak. Untuk membuat nasi goreng yang bergizi seimbang, pastikan Anda menambahkan sayur serta beberapa sumber protein seperti suwiran ayam atau potongan sosis. Selain itu, gunakanlah minyak yang sedikit atau Anda bisa menggantinya dengan margarin agar lebih sehat.

4. Pancake

Pancake dapat menjadi pilihan menu sarapan pagi anak berikutnya. Pancake cukup mengandung banyak kalori sehingga dapat mencukupi kebutuhan energi si anak. Kemudian, sebagai modifikasinya Anda bisa menambahkan coklat, susu atau madu sebagai sausnya. Agar lebih menarik, tambahkan potongan buah sebagai toping diatas pancake.

5. Sup Daging

Menyiapkan menu sarapan pagi anak juga haruslah bervariasi. Hal ini untuk mencegah rasa bosan pada anak. Anda juga dapat mengkreasikan makanan menjadi bentuk-bentuk yang disukai anak agar lebih menarik seperti, bentuk hewan atau benda kesayangan si anak. Salah satu yang juga bisa Anda berikan adalah sup daging.

Menyajikan sup dengan nasi putih hangat adalah salah satu menu sarapan bagi yang dapat menggugah selera. Pilihan daging yang bisa Anda gunakan yaitu ayam atau sapi. Kemudian kombinasikan dengan berbagai pilihan sayur seperti wortel, buncis, dan kentang sebagai pelengkap serta dapat menambah kandungan gizinya.

Itulah beberapa variasi menu sarapan pagi anak yang dapat Anda coba dirumah. Pastikan anak mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhannya. Makanan bergizi seimbang dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh anak serta menjaga imun atau sistem kekebalan tubuh.