6 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Asuransi Liburan

6 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Asuransi Liburan

Apa itu asuransi liburan? Sepenting apakah mengasuransikan liburan Anda? Jika Anda merupakan traveler yang suka menjelajahi berbagai tempat di Indonesia atau berbagai lokasi lain di luar negeri, Anda bisa saja mengasuransikan liburan. Mengapa perlu mengasuransikan liburan Anda? Tentu untuk mengantisipasi risiko dalam perjalanan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Mari pelajari mengenai asuransi perjalanan lebih dalam!

Jenis Asuransi Perjalanan

Ada berbagai jenis asuransi liburan yang bisa Anda pilih. Jenis yang laing umum adalah internasional. Gunanya untuk melindungi dan langkah antisipasi Anda dalam berwisata ke luar negeri, seperti adanya kecelakaan kendaraan dan lain-lain. Asuransi ini berlaku secara internasional baik wisata dalam dan luar negeri. Selanjutnya ada asuransi tahunan yang menanggung perjalanan wisata ke dalam dan luar negeri dilengkapi dengan berbagai keperluannya.

Harga dan Tanggungan

Harganya jelas bervariasi, kembali lagi tergantung pelayanan yang diberikan dan produk dari perusahaan mana yang dipilih. Premi yang dikeluarkan untuk asuransi perjalanan rata-rata tidak besar dan cenderung jumlahnya kecil dibanding total biaya perjalanan. Jaminan atau tanggungan dari asuransi juga berbeda beda. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memiliki asuransi perjalanan jika Anda termasuk orang yang suka melancong.

Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan

Mendaftarnya cukup mudah, Anda bisa melakukannya dengan online atau mendaftar lewat website. Meski tidak semua perusahaan menyediakan layanan secara online, sehingga Anda bisa juga langsung menuju lokasi perusahaan asuransi liburan yang menyediakan berbagai layanan yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu dan membandingkan dengan perusahaan lain.

Bagaimana Jika Ada Teror di Negara Tujuan?

Jika Anda mengunjungi lokasi yang berbahaya atau mungkin baru saja terjadi kejadian terror di sana, ada baiknya Anda membayar premi tambahan untuk menjamin keamanan Anda lebih baik. Terutama jika Anda mengunjungi negara di luar negeri seperti Eropa, meskipun beberapa negara sudah termasuk ke dalam biaya yang sudah dibayarkan tanpa premi tambahan. Namun akan lebih baik Anda membayar premi tambahan.

Apa Saja yang Ditanggung Pihak Asuransi?

Ada banyak yang ditanggung oleh asuransi liburan. Mulai dari biaya medis, kehilangan bagasi, dan delay pesawat. Karena selama perjalanan, terkadang beberapa orang mengeluh kehilangan bagasi atau adanya delay pesawat yang tidak diganti rugi oleh pihak perusahaan penerbangan.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Cara klaim asuransi perjalanan cukup mudah. Kebanyakan di luar negeri, asuransi dicairkan lewat reimburse. Anda perlu meneliti fasilitas yang disediakan di luar negeri untuk bisa menggunakan klaim asuransi Anda. Mudah tidaknya proses klaim juga harus Anda perhatikan.

Itu tadi serba serbi asuransi perjalanan yang bisa Anda manfaatkan. Prosesnya cukup mudah, beragam fasilitas yang diberikan dan, cepat. Liburan Anda jadi tetap terasa menyenangkan jika Anda memiliki asuransi liburan, yang mampu memberikan perlindungan pada Anda.