7 Manfaat Servis Rutin Mobil yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Servis Rutin Mobil yang Jarang Diketahui

Mobil adalah kendaraan yang memerlukan perawatan lebih dibandingkan sepeda atau sepeda motor. Oleh karena itu, Anda harus rutin untuk melakukan servis mobil agar fungsi komponennya bisa tetap terjaga. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan ini akibatnya mobil mereka cepat rusak. Padahal, ada banyak sekali manfaat dari servis rutin mobil.

Manfaat Melakukan Servis Mobil Secara Rutin

  1. Menghindari kasus malfungsi komponen

Mungkin ketika hanya melakukan perjalanan jarak dekat tidak akan terlalu terasa. Namun, saat melakukan perjalanan jauh, kasus seperti ini akan sangat merepotkan dan bukan tidak mungkin akan menguras isi dompet Anda. Tidak sedikit kasus di mana ada mobil yang berhenti di pinggir jalan karena adanya kerusakan pada komponen mobil. Anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

Jika hal tersebut terjadi, kira-kira biaya apa saja yang perlu dikeluarkan? Tidak hanya untuk melakukan servis atau membeli suku cadang baru, namun di suatu kasus Anda juga harus menyewa towing untuk membawa mobil yang mogok menuju bengkel. Di sisi lain, Anda juga akan mengeluarkan uang ekstra karena Anda juga harus naik kendaraan lain atau memanggil montir panggilan.

  1. Memastikan keselamatan di perjalanan

Salah satu alasan kenapa Anda harus melakukan servis secara rutin adalah untuk keselamatan berkendara Anda. Banyak sekali terjadi kecelakaan mobil yang disebabkan karena beberapa komponen mobil tidak berfungsi dengan baik seperti rem blong, ban oleng, dan lain-lain. Saat servis rutin, mekanik akan mengecek komponen-komponen penting tersebut sehingga bisa mencegah Anda mengalami kecelakaan ketika di perjalanan.

  1. Menjaga efisiensi bahan bakar

Manfaat lain dari melakukan servis rutin adalah untuk menjaga efisiensi bahan bakar. Setiap mobil mempunyai standar efisiensi bahan bakar masing-masing. Mungkin beberapa pengendara sering mengeluh bahwa mobil yang mereka miliki boros konsumsi bahan bakar dan tidak sesuai dengan klaim dari pabrik. Jika itu terjadi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis rutin.

Kalau kejadian ini sudah dialami, Anda harus rela mengeluarkan biaya tambahan ketika harus mengisi bahan bakar. Bayangkan jika setiap hari Anda menggunakan mobil dan sering mengisi bahan bakar, sudah berapa banyak uang yang Anda keluarkan karena tidak efisiennya bahan bakar ini. Dengan melakukan servis rutin, hal ini tidak akan terjadi karena dapat memastikan mobil tetap dalam kondisi baik, termasuk efisiensi bahan bakarnya.

  1. Memperpanjang usia mobil

Karena saat servis mobil rutin semua komponen akan dicek fungsinya dan segera mendapat penanganan jika terdapat masalah, hal ini akan membuat mobil berumur panjang dan performanya meningkat. Anda tidak ingin mobil kesayangan Anda cepat rusak dan harus berganti mobil bukan? Tentu saja jika hal tersebut terjadi, uang lagi yang harus Anda korbankan.

  1. Mengurangi polusi udara

Mobil dengan bahan bakar konvensional pasti akan menghasilkan gas karbon monoksida dan jumlah yang dihasilkan akan tergantung dari kondisi kendaraan tersebut. Semakin tidak baik kondisi mobil, semakin banyak pula karbon monoksida yang dihasilkan dan semakin menambah polusi udara. Dengan rutin melakukan servis, komponen mobil akan terjaga dan tidak akan terlalu banyak menghasilkan zat buruk tersebut.

  1. Mobil memiliki nilai jual yang tinggi

Jika sewaktu-waktu Anda ingin menjual mobil Anda, tentu salah satu yang menjadi penentu harganya adalah kondisi mobil tersebut. Semakin banyak komponen yang tidak berfungsi secara normal, maka harga jualnya pasti akan turun. Anda tidak pernah tahu apakah di kemudian hari akan menjual mobil atau tidak. Oleh sebab itu, untuk berjaga-jaga usahakan selalu melakukan servis rutin agar semua komponen mobil berfungsi dengan baik dan akan bernilai tinggi ketika Anda ingin menjualnya.

  1. Menghemat pengeluaran

Beberapa poin-poin sebelumnya memiliki satu benang merah yang sama, yakni ketika mobil bermasalah, ujung-ujungnya Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk melakukan perbaikan. Hal ini harus benar-benar Anda pikirkan. Biaya untuk servis rutin tidak akan mahal dibandingkan dengan ketika harus mereparasi komponen yang sudah telanjur rusak parah. Bahkan biaya perbaikan tersebut bisa berkali-kali lipat besarnya.

Jadi, sekarang Anda sudah mengerti betapa banyaknya manfaat jika mobil diservis secara rutin. Anda tidak harus mendatangi bengkel untuk melakukan ini. Saat ini juga sudah banyak montir panggilan yang bisa melakukan check up mobil Anda langsung di rumah Anda. Tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukan servis rutin.