Berikut Ini Tips Perawatan Kesehatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Bunda Ketahui

Tips Perawatan Kesehatan Bayi Baru Lahir

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak sayang kepada buah hatinya? Ya, sebagai orang tua, tentunya kita akan memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Nah, berbicara soal kasih sayang orang tua terhadap anak, berikut dibawah ini ada beberapa tips perawatan kesehatan bayi baru lahir yang harus bunda ketahui :

  1. Perawatan Tali Pusat Bayi

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam perawatan bayi yang baru lahir adalah tali pusatnya.  Karena pada daerah tali pusat rentan sekali untuk terkena infeksi. Jika tali pusat ini tidak sengaja terkena air ketika sedang dimandikan, maka segera keringkan dengan menggunakan cotton buds atau bisa menggunakan kain kasa yang steril.

  1. Perawatan Mata Bayi

Pada mata bayi terdapat sumber air mata yang letaknya ada pada bagian atas mata. Dimana setiap 3 detik sekali, sumber mata ini akan mengeluarkan air matanya yang akan mengalir ke sebuah saluran di bagian ujung tengah mata yang dekat sekali dengan hidung. Air mata ini berfungsi untuk mengatasi kuman dalam jangka waktu beberapa menit saja, setelah itu tidak bisa mengatasinya lagi malah akan menjadi makanan bagi kuman. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemijatan di area sekitar sudut mata dengan menggunakan jari atau menggunakan cotton buds yang dibasahi dengan air matang.

  1. Perawatan Kulit Kepala Bayi

Pada bayi yang baru lahir biasanya timbul cradle crap atau yang disebut dengan kerak kulit kepala. Hal itu dikarenakan pada kulit kepala bayi terpolusi oleh udara dan debu, sehingga perawatan kepala bayi harus dilakukan secara telaten. Adapun caranya sebagai berikut : bersihkan kulit kepala bayi dengan menggunakan air matang yang sudah diberi obat dari dokter. Atau bunda bisa menggunakan baby oil, dengan cara mengusapkan ke rambut bayi, lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian pijat secara lembut dan bersihkan. Selain itu, bunda juga harus menggunakan shampoo anak yang tepat.

Itulah beberapa tips perawatan kesehatan bayi yang harus bunda ketahui. Dengan demikian, maka tubuh si mungil akan senantiasa terawat.