Cara Jitu Mengatasi Keringat Berlebih

Cara Jitu Mengatasi Keringat Berlebih

Keringat adalah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh untuk mengimbangi suhu tubuh manusia. Ketika suhu tubuh manusia mengalami peningkatan, keringat akan dikeluarkan dan hal itu adalah normal. Namun, bagi sebagian orang mengeluarkan keringat adalah suatu hal yang memalukan. Hal itu disebabkan oleh banyaknya jumlah keringat meskipun lingkungan sekitar tidak ada yang menyebabkan keluarnya keringat. Bila seseorang memiliki keringat yang lebih banyak dari ukuran orang normal, ada beberapa masalah dalam diri orang tersebut yang perlu dicek kesehatannya. Sebagai langkah awal, mengatasi keringat berlebih bisa dilakukan dengan berbagai langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Antiperspirant

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keringat yang keluar secara berlebihan adalah dengan menggunakan deodorant yang memiliki kandungan antiperspirant. Kandungan ini tidak banyak ditemukan pada deodoran yang dijual di toko pada umumnya. Deodorant yang memiliki kandungan ini biasanya hanya dijual di apotik atau di dokter yang menyarankan seseorang untuk memakai deodorant tersebut.

Hal itu dikarenakan antiperspirant dapat menanggulangi berlebihnya keringat. Selalu letakkan deodorant dengan kandungan antiperspirant di tas dan bawa kemana pun kamu pergi. Selain itu, jangan lupa untuk juga menggunakannya saat akan tidur. Keringat cenderung keluar lebih sedikit pada malam hari. dengan memakainya sebelum kamu beristirahat, kandungannya akan semakin bekerja dengan cara yang efektif.

Kurangi rasa cemas dan hindari makan pedas

Salah satu hal yang biasanya menjadi penyebab seseorang memiliki jumlah keringat yang lebih banyak adalah karena perasaan cemas dan kegemaran untuk mengonsumsi makanan dengan rasa yang pedas. Padahal, kedua kegiatan tersebut sangat berdampak pada produksi keringat yang kamu miliki. Keduanya memiliki peran yang aktif untuk meningkatkan suhu tubuh. Dimulai dari kerja jantung yang berlebihan hingga meningkatkan aktivitas aliran darah yang berdampak pada temperatur tubuh. Dengan mengurangi untuk melakukan dua hal yang telah disebutkan, kemungkinan tubuh untuk memproduksi banyak keringat akan jauh lebih berkurang.

Bahan baju yang menyerap keringat

Bertempat tinggal di Indonesia memberikan kemungkinan bagi tubuh seseorang untuk memproduksi banyak sekali keringat. Hal itu dikarenakan cuaca panas yang dimiliki oleh Indonesia. Suhu di luar tubuh akan meningkatkan suhu tubuh sendiri. jadi, bila tidak ada mesin pendingin di sekitar, tubuh akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman sehingga bisa menyerap keringat. Kamu harus jeli ketika membeli jenis pakaian apapun yang akan kamu kenakan. Semakin besar daya serap kain terhadap keringat, semakin nyaman pula pakaian tersebut untuk dipakai.

Berat badan harus dijaga agar tetap ideal

Semakin berat beban tubuh yang dimiliki seseorang, semakin banyak pula energi yang harus dikeluarkan untuk melakukan berbagai macam hal. Banyaknya energi yang harus dikerahkan akan berdampak pada suhu tubuh yang dimiliki. Jika kamu memiliki tubuh yang gemuk, akan lebih baik untuk mengatur kembali pola hidup agar mendapat bobot tubuh yang ideal. Hal ini dilakukan agar tidak ada banyak keringat yang dihasilkan sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan langsung. Jika semua cara sudah dilakukan, tapi tak kunjung terlihat perubahan, lebih baik kamu segera menghubungi pihak medis atau dokter agar masalahmu bisa mendapat penanganan yang tepat. Jangan sampai hal itu kamu biarkan karena bisa membahayakan kesehatan.