Cara Membuat Coklat Hangat Nikmat

Cara Membuat Coklat Hangat Nikmat

Saat musim hujan datang, biasanya asupan makanan dan minuman yang hangat yang paling banyak dicari. Apabila Anda tidak bisa keluar, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih cepat didapat, Anda juga bisa merasakan kehangatannya langsung yang nikmat. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk membuat minuman coklat hangat untuk menemani hari.

Persiapkan Bahan

Bahan ini digunakan untuk membuat minuman coklat hangat yang terasa menyegarkan. Namanya adalah peppermint hot chocolate. Oleh karena itu persiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti berikut ini.

  • Santan

Siapkan santan sebanyak 1 cangkir. Anda bisa menggunakan santan yang siap saji ataupun menggunakan santan asli. Apabila memilih santan yang siap saji, perhatikan masa pakainya. Apabila menggunakan santan asli dari parutan kelapa, usahakan mencari kelapa yang masih segar.

  • Coklat Bubuk

Coklat bubuk ini bisa Anda peroleh dari toko kue atau supermarket terdekat. Anda bisa menyiapkan 1 sendok makan penuh dari coklat bubuk ini. Apabila Anda tidak selera dengan coklat bubuk, Anda bisa menggunakan bentuk coklat lainnya. Misalnya sirup coklat.

  • Ekstrak Peppermint

Bahan yang satu ini juga bisa Anda cari di toko kue ataupun di supermarket. Biasanya dijual pada kemasan botol. Apabila Anda menggunakan bahan ini, Anda bisa menyiapkan setidaknya setengah sendok teh. Apabila ingin menambahkan aroma dan rasa yang kuat, Anda bisa menambahkannya lagi.

  • Sirup Maple

Sirup ini biasanya dipakai saat menyajikan pancake. Sirup ini juga bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat. Adapun fungsi dari pemberian sirup ini dapat mencegah dan melindungi Anda dari berbagai penyakit. Misalnya saja kanker, diabetes, alzheimer atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Apabila Anda tidak terlalu berselera dengan bahan ini, Anda bisa menggunakan madu sebagai gantinya.

Persiapkan Alat

  • Gelas

Gelas ini digunakan sebagai wadah untuk menyajikan hasil akhir dari minuman coklat hangat tersebut. Anda bisa menggunakan gelas berbagai bentuk. Namun, ada baiknya Anda menggunakan cangkir kecil untuk bisa merasakan hangatnya minuman ini.

  • Kompor

Peralatan yang satu ini digunakan untuk memanaskan, mencampur dan memproses semua bahan. Usahakan memakai peralatan ini karena hasil minuman yang diproses melalui kompor lebih memiliki panas yang pas terlebih untuk minuman hangat.

  • Panci

Sediakan saja panci kecil atau secukupnya dalam membuat minuman ini. Panci ini digunakan layaknya memasak air seperti biasanya. Tidak perlu yang terlalu besar kecuali Anda hendak membuat minuman dalam jumlah yang banyak.

Cara Membuat

Masukkan santan dan rebus dalam panci. Apabila menyalakan kompor, usahakan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk. Apabila santan terlihat sedikit mendidih, Anda bisa memasukkan bubuk coklat, ekstrak peppermint, dan juga sirup maple dalam satu waktu yang bersamaan. Aduk kembali lagi hingga hampir mendidih lalu angkat dan tuangkan dalam cangkir jika sudah selesai. Segera hidangkan dan konsumsi selagi masih hangat.

Itulah beberapa cara membuat minuman coklat hangat nikmat yang juga bisa membantu menjaga kesehatan terutama saat musim hujan. Minuman ini juga bisa menemani Anda saat hujan dengan menambahkan biskuit sebagai teman minum. Tinggal sesuaikan dengan selera Anda, minuman pun terasa lebih segar dan lebih nikmat.