Cara Merawat Mobil Supaya Tetap Prima dan Tahan Lama

Cara Merawat Mobil Supaya Tetap Prima dan Tahan Lama

Merawat mobil menjadi sebuah kewajiban memang bagi anda yang sudah memiliki mobil baru. Perawatan ini akan menjadi daya tarik ketika anda ingin menjual kembali atau sebagai pemberi rasa kepuasan dari sisi personal rasa nyaman pada kondisi mobil yang selalu terjaga dari sisi mesin dan kebersihan fisiknya.

Saat membeli dan menjual mobil, dan dalam penggunaan sehari-hari, aturan pertama adalah penampilan yang baik dan terawat yang menjadi kriteria utama untuk mengevaluasi mobil anda .

Pada artikel ini, kita akan membahas sedikit tips dalam hal perawatan mobil dengan baik dan benar.

Penampilan sebuah mobil biasanya dinilai dari pemiliknya. Jadi, ada beberapa aturan sederhana untuk perawatan mobil, sederhananya adalah sebisa mungkin anda bisa menjaga mobil dalam bentuk aslinya selama mungkin.

Untuk itu perlu perawatan body dan interior, jaga kebersihan dan kekeringan mobil usahakan jangan sampai overload sampai dengan anda bisa lakukan pembersihan di tempat cuci mobil seperlunya.

Suasana kota yang sangat kotor dan berdebu juga berdampak negatif pada kondisi mobil. Batu di jalan, genangan air hujan terkadang berdampak pada kondisi mesin dampak buruknya adalah bisa jadi anda akan sering ganti oli mesin jika mengebaikan masalah ini.

Melindungi mobil dari kerusakan ringan sampai berat memang masuk dalam perawatan berkala dimana mobil perlu dirawat dengan benar dan teratur.

Bahkan ketika tiba waktunya untuk menjual mobil, kondisi kerapian dan performa mesin yang masih oke menjadi indikator yang akan memberika nilai jual yang pantas!

Berikut ini beberapa tips praktis untuk membantu anda menjaga mobil anda tetap terlihat seperti baru.

  1. Menjaga kebersihan mobil

Jika anda ingin mobil anda melayani anda dengan setia selama bertahun-tahun, maka sejak hari pertama pembelian pastikan untuk menjaganya tetap bersih dan kering.

Inilah aturan dasar umur jika anda ingin mobil anda tetap terlihat oke bukan hanya tampilan luar melainkan kondisi mesin juga sama saja.

Ingatlah bahwa setelah berkendara di jalan basah atau berlumpur, ketika banyak kotoran yang menempel di badan mobil harus segera dicuci.

Jika jalanan kering dan bersih, anda tidak perlu sering-sering mencuci mobil. Faktanya adalah kotoran tidak mengering untuk waktu yang lama. Meskipun kering di luar, mungkin lembab di dalam.

Pencucian mobil juga harus dilakukan sesuai aturan, body mobil bisa dicuci dengan air dingin atau hangat dengan tambahan sampo mobil. Dan jika anda pahami mencuci mobil dengan jetpum sebenarnya kurang baik apalagi dengan daya semprot yang sangat kencang.

Tips terbaik mencuci mobil yang bisa anda lakukan adalah:

Yang pertama encerkan sedikit sampo mobil dengan enam hingga tujuh liter air hangat dalam ember.

Kemudian pasang selang di keran air dan nyalakan air. Pertama-tama, bilas mesin hanya dengan semburan air.

Kemudian oleskan komposisi deterjen, dan lebih baik menggunakan sikat berbulu lembut karena butiran pasir tertinggal di kain atau spons bisa saja lama kelamaan akan merubah warna cat dasar mobil anda.

Pastikan untuk membilas sampo sampai bersih, karena dalam bentuk kering dapat berdampak negatif pada cat dan permukaan body mobil, untuk menggunakan sampo tidak lebih dari dua kali sebulan.

Setelah semua bagian mobil dicuci, harus dilap dengan kain lap yang lembut dan bersih. Hal ini dilakukan karena tetesan air meninggalkan bekas saat mengering.

Secara umum, tidak disarankan untuk mencuci mobil di hari yang panas segera setelah berhenti atau langsung terkena sinar matahari, karena perbedaan suhu dapat merusak cat.

Namun terkadang penggunaan jet pump air bertekanan tinggi juga dibutuhkan dalam kasus pencucian roda, bagian bawah bodi mobil dan pelindung roda.

Ringkanya adalah:

  • Jangan mencuci atau mengeringkan di bawah sinar matahari – noda tetesan sangat sulit dihilangkan.
  • Pertama basahi dengan banyak air, bilas dahulu bekas kotoran burung kalau ada dan kotoran daun kalau ada yang nempel di body mobil
  • Cara terbaik adalah menggunakan sikat berbulu yang sangat lembut untuk membersihkan kotoran seperti debu pada bagian interior.
  • Untuk melindungi lapisan cat, pengawet deterjen khusus dapat ditambahkan ke air.
  • Saat menyiram mesin, bersihkan kotoran dari atas ke bawah dengan merata.
  • Sering-seringlah membilas spons dengan air.
  • Segera bersihkan noda yang tertinggal setelah disikat.
  • Deterjen dibilas samapi benar benar bersih tidak bersisa
  • Jangan langsung tuangkan satu ember air untuk seluruh mobil. Sisa pasir, debu, kotoran pasti akan merusak lapisan, dan mobil anda pasti tidak akan menjadi bersih setelah dicuci.
  • Pastikan untuk membersihkan mesin hingga kering dengan kain lembut setelah dicuci. Kemudian, setelah mengering, oleskan pengawet.
  1. Kontrol kondisi oli dan yang lainya

Kemudian yang tidak kalah penting dalam perawatan mesin yang paling sederhana adalah anda mengkontrol kondisi oli mesin mobil anda apakah masih layak pakai atau sudah waktunya ganti oli.

Indikator dalam pergantian oli sendiri anda sudah paham tentu saja dari pedometer, kemudian dari waktu yang ada pada buku panduan jika anda ragu maka bisa menggunakan jasa bengkel ganti oli terdekat di kota anda dalam memastikan kondisi oli.

Ini sangat penting karena akan menjadi sumber bencana awal pada bagian mesin utama jika anda mengabaiknya.