Ciri-Ciri Mengalami Kontraksi Asli Jelang Persalinan

Ciri-Ciri Mengalami Kontraksi Asli Jelang Persalinan

Persiapan perlengkapan bayi bisa Anda mulai sejak memasuki trimester ketiga. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sekali setiap trimester untuk memantau perkembangan bayi dan Anda bisa mendapatkan perkiraan lahirnya. Setelah itu jangan lupa untuk mencari tahu ciri-ciri kontraksi asli yang terjadi jelang persalinan agar Anda bisa menyiapkan diri.

  1. Bayi Terasa Bergerak ke Pinggul

Ciri yang paling terasa dari pergerakan bayi adalah bayi terasa bergerak ke arah pinggul. Anda bisa mengetahui ini dengan lebih pasti setelah melakukan USG. Posisi bayi akan terlihat di bawah tulang rusuk Anda selama beberapa waktu.

  1. Mual dan Diare

Ciri lainnya yang dialami sebagian orang ketika terjadinya kontraksi asli adalah mual dan diare di trimester ketiga akhir. Jika sudah mengalami ciri ini berarti hari persalinan akan semakin dekat. Semua otot akan melonggar termasuk otot rektum sebagai bentuk persiapan sebelum persalinan berlangsung.

  1. Nyeri yang Lama

Ciri selanjutnya dari kontraksi asli adalah Anda akan mengalami rasa nyeri di bagian punggung yang berlangsung lama. Rasa nyerinya terus terjadi dan terasa semakin sakit. Jika Anda mengalami masalah ini dan terasa sangat mengganggu bisa jadi adanya masalah dengan posisi bayi di dalam rahim. Sebaiknya Anda segera memeriksanya ke dokter agar bisa ditindaklanjuti.

  1. Keluar Lendir

Anda juga bisa diketahui dengan mudah ketika mengalami kontraksi yang asli ketika adanya lendir yang keluar. Warnannya kecokelatan yang dinodai darah. Ini menunjukkan Anda sudah semakin dekat dengan persalinan. Jaga kondisi tubuh dan persiapkan segala halnya jika sudah mengalami ciri ini agar Anda tidak terburu-buru atau panik.

  1. Frekuensi Kontraksi Lebih Sering

Anda juga akan mengalami kontraksi dengan frekuensi yang banyak atau sering. Jeda dari satu kontraksi ke yang berikutnya sangat singkat dan terjadi berulang kali. Apa lagi jika sudah disertai rasa sakit maka sudah pasti menandakan kontraksi asli.

Kontraksi ini terus terjadi meski pun Anda sudah mencoba mengatur posisi dengan nyaman jika terjadinya saat tertidur. Anda tetap mengalami kontraksi sekali pun sudah minum air. Maka tidak perlu ragu lagi bahwa sudah pasti petanda dari kontraksi yang asli.

  1. Pecah Ketuban

Ciri-Ciri yang jelas dari kontraksi ini Anda akan mengalami pecah ketuban. Ini sudah menjadi petunjuk akan segera melakukan persalinan atau bahkan lebih baik langsung menuju rumah sakit. Anda perlu diperiksa oleh dokter untuk memastikan posisi dan kondisi bayi terkhusus yang pecah ketubannya sudah memasuki trimester ketiga.

Penting sekali selama masa kehamilan untuk mengetahui berbagai hal dari proses menjaga kehamilan sampai persalinan dan menyusui bayi nantinya. informasi seperti kontraksi asli ini perlu dipahami perlahan dan ditanyakan dengan yang sudah berpengalaman. Selain itu Anda bisa membaca berbagai informasi penting di Magazine Orami dengan mengunjungi orami.co.id.