Jangan Sepele! Akibat Kolesterol Tinggi 4 Penyakit ini Dapat Menyerang Anda

Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat pada aliran darah. Kadar kolesterol yang cukup dalam tubuh diperlukan untuk terus membangun sel – sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat memicu penimbunan lemak pada pembuluh darah hingga meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit. ini 4 penyakit akibat kolesterol tinggi.

  1. Jantung Koroner

Obesitas, diet yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kolesterol dalam tubuh. Selain akibat gaya hidup yang tidak sehat kolesterol tinggi dalam tubuh juga merupakan faktor genetik. Termasuk penyakit jantung koroner merupakan risiko utama yang berhubungan erat dengan kolesterol tinggi.

Penyakit jantung akan selalu berhubungan dengan kondisi kadar kolesterol darah dalam tubuh. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi menyebabkan lemak menumpuk di dinding arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Arteri akan menyempit akibat kondisi tersebut sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Dengan kondisi seperti itu pemilik kolesterol tinggi berisiko lebih tinggi mengidap angina atau nyeri dada dan serangan jantung.

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya penyumbatan pada pasokan darah yang mengalir menuju otak. Penyakit ini terjadi akibat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Suplai darah ke otak yang berkurang juga menjadi pemicu lain penyakit stroke.

Serangan penyakit stroke biasanya terjadi secara tiba-tiba dan menyerang pada satu sisi tubuh. Ketika stroke terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan sehingga mengganggu fungsi otak. Sehingga, kadar kolesterol yang tinggi sudah sepatunya dipantau guna mengurangi risiko seseorang mengidap stroke.

  1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium yang dikenal dengan sebutan aterosklerosis. Dalam keadaan aterosklerosis jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Dengan begitu yang mungkin terjadi adalah tekanan darah menjadi tinggi dan tidak normal.

Kadar kolesterol tubuh yang tinggi dan tekanan darah yang tinggi merupakan dua penyakit yang saling berinteraksi satu sama lain. Bahaya serangan darah tinggi wajib diwaspadai oleh seorang pengidap kolesterol tinggi. Darah tinggi, atau yang lebih dikenal dengan hipertensi dapat terjadi saat tekanan pembuluh darah melebihi normal.

  1. Diabetes Tipe 2

Penyakit yang bisa terjadi akibat kadar kolesterol tubuh terlalu tinggi selanjutnya adalah penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan jika kontrol gula darah baik, pengidap diabetes cenderung mengalami peningkatan trigliserida, penurunan HDL, dan peningkatan LDL. Keadaan seperti itu bisa meningkatkan potensi terjadinya aterosklerosis.

Nah, itulah 4 penyakit yang terjadi akibat kolesterol tinggi. Seiring pertambahan usia, kadar kolesterol cenderung cepat meningkat. untuk usia dewasa kadar kolesterol total yang baik adalah kurang dari 200 mg/dl dengan ketentuan 200 mg/dl–239 mg/dl masih dianggap batas normal.