Mudah! Inilah 5 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Wajib Coba! Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Bahan Alami Ini

Salah satu keluhan yang kerap dirasakan oleh ibu hamil adalah mual. Mual umumnya disebabkan karena perubahan hormon ketika hamil, ataupun karena sensitifitas terhadap bau-bauan tertentu. Cara mengatasi mual saat hamil rupanya tak sulit dan patut untuk dicoba, agar rasa mual tak mengganggu aktivitas ibu hamil.

Meskipun lebih dikenal dengan istilah morning sickness, rupanya mual ataupun muntah tak hanya dirasakan pada pagi hari saja. Oleh karena itu, simak cara mudah mengatasi rasa mual saat hamil berikut ini.

  1. Makan Sedikit Demi Sedikit

Ketika masa kehamilan, kebutuhan nutrisi Anda dan juga buah hati tentu harus selalu diperhatikan. Umumnya perut akan terasa kembung karena asam lambung meningkat, sehingga membuat nafsu makan ibu hamil berkurang dan merasa sangat mual.

Solusinya yaitu makan sedikit demi sedikit namun sering. Karena jika Anda memaksakan makan banyak, justru dapat memperberat kerja sistem pencernaan sehingga berdampak pada rasa mual yang semakin tak tertahankan.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Ibu hamil juga wajib memenuhi asupan cairan setiap harinya agar dapat membantu menghilangkan rasa mual. Anda dapat minum 6 hingga 8 gelas air mineral setiap hari. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari minuman yang terlalu manis, terlalu dingin, atau minuman beralkohol, karena minuman tersebut berbahaya dan dapat memperparah rasa mual ibu hamil.

  1. Hindari Stres

Menghindari stres rupanya merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Stres yang dirasakan ibu hamil justru dapat memperparah rasa mual yang dirasakan. Oleh karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu bersantai dan mengurangi beban kerja. Lakukan hal apapun yang membuat Anda merasa lebih santai dan rileks, misalnya meditasi.

  1. Hirup Udara Segar

Salah satu penyebab mual yang dirasakan ibu hamil adalah karena indra penciuman yang sensitif dan meningkat karena hormon estrogen. Tak heran jika ibu hamil tidak menyukai aroma atau wewangian tertentu.

Untuk mengatasinya, luangkan waktu untuk berjalan-jalan ke luar ruangan yang memiliki udara segar. Jika tidak, Anda dapat mencoba menghirup wangi-wangian beraroma segar seperti wangi rosemary atau lemon.

  1. Perbanyak Tidur dan Beristirahat

Ada baiknya untuk tidur paling tidak 8 jam setiap malam agar tubuh Anda tidak merasa lelah. Karena kelelahan yang luar biasa juga dapat membuat rasa mual semakin parah.

Para ahli pun berpendapat bahwa tidur merupakan cara ampuh untuk menghindari morning sickness. Untuk itu perbanyak istirahat, ambil nafas dalam-dalam lalu luangkan waktu sejenak untuk tidur.

Bagaimana Menghilangkan Rasa Mual di Malam Hari?

Jika Anda kerap merasakan mual di malam hari, cobalah untuk beristirahat dengan tidur malam lebih awal dari biasanya. Jika terbangun di tengah malam, Anda dapat mengonsumsi sedikit camilan. Menghindari makanan berminyak, pedas, asam, dan berlemak juga dapat membantu ibu hamil menghilangkan rasa mual di malam hari.

Demikianlah 5 cara mengatasi mual saat hamil. Mudah untuk dilakukan, bukan?