Prestasi CIGNA Buktikan Komitmen Terbaik Untuk Nasabah

Prestasi CIGNA Buktikan Komitmen Terbaik Untuk Nasabah

Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang terjadi antara dua belah pihak dimana pihak pertama (nasabah) memberi kepercayaan kepada pihak kedua (perusahaan asuransi). Sehingga, bila nasabah mengalami masalah, maka perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang mungkin dialami. Namun, nasabah wajib untuk membayar premi pada perusahaan asuransi dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Mengikuti perkembangan saat ini, kebanyakan kalangan menengah menggunakan produk asuransi. Hal ini karena asuransi dapat memberi manfaat untuk mengurangi risiko bila terjadi masalah finansial terhadap hal yang dapat merugikan. Dari banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia, ternyata asuransi cigna penipuan merupakan yang paling terkenal. Namun, apakah benar jika perusahaan Cigna melakukan penipuan jika dilihat dari beberapa hal yang akan saya jelaskan di bawah ini?

Cigna adalah salah satu perusahaan yang menawarkan asuransi, berdiri pada tahun 1990 di Indonesia. Perusahaan ini sudah terdaftar di OJK dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Cigna merupakan anak perusahaan dari Cigna Corporation, yaitu sebuah perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di Amerika Serikat. Berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, yang bekerja secara internasional di 30 negara serta memiliki 100 juta nasabah dan 75 ribu karyawan.

Izin usaha Cigna di bidang asuransi jiwa berdasarkan:
1. Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: Kep-369/KM/13/1990 tanggal 24 Agustus 1990
2. Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: 572/KMK.017/1994 tanggal 25 November 1994
3. Surat Menteri Keuangan Nomor: S.324/MK.6/2001 pada 22 Mei 2001
4. Surat Otoritas Jasa Keuangan Nomor: S-4302/NB.111/2015 tanggal 13 Agustus 2015
Asuransi Cigna menyediakan produk asuransi dengan 5 kategori besar, yaitu asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi family.

Prestasi Asuransi Cigna

Cigna merupakan perusahaan asuransi terbaik selama 11 tahun berturut-turut. Dengan usia yang lama, tentu saja asuransi Cigna juga telah mendapat berbagai prestasi dan penghargaan di Indonesia. Lalu, apa saja prestasi yang telah dicapai perusahaan Cigna? Berikut ini detail prestasinya.

2019
• Contact Centre Service Excellence Award (CCSEA) 2019: ‘Excellent’ Contact Centre Service untuk CignaSIAP, kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan
• Infobank Digital Brand Awards 2019: Diposisi ke III pada Kategori Asuransi Jiwa Konvensional
• Service Quality Award 2019: ‘Diamond’ Kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan bagi Nasabah Korporasi

2018
• Best Unit Link Award: Penghargaan ‘Dana Campuran Terbaik Periode 3 Tahun’
• Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2018: Peringkat ‘Excellent’ Contact Centre Cigna, kategori ‘Asuransi Jiwa dan Kesehatan’
• Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia – Top Agent Awards 2018: Dua orang tenaga pemasar Cigna meraih penghargaan Agen terbaik, yakni Peringkat 2 – Top Agent Telemarketing dan Peringkat 4 – Top Agent by Policy
• Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018: Penghargaan Best Financial Performance, kategori Aset Perusahaan Rp 1-5 Triliun.
Unit Link Awards 2017
• Predikat ‘5 Stars’ kinerja Unit Link jenis campuran periode 5 tahun (2012-2016) dan periode 3 tahun (2014-2016) untuk produk Cigna Capital Link 2.
• Predikat ‘5 Stars’ kinerja Unit Link jenis campuran tahun 2016 untuk produk Cigna Capital Link 6.
• Cigna Bond Solid Fund, Unit Link IDR dengan predikat ‘5 Stars’ atas kinerja Unit Link jenis Pendapatan Tetap di tahun 2016.
Unit Link Awards 2016
• Terdapat 4 produk unit linked Cigna, Yaitu Capital Link atas kinerja return (imbal hasil) dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kategori unit linked jenis campuran sepanjang tahun 2015 yang bersumber dari Majalah Infobank.

2015
• Mendapatkan Platinum Trophy Award atas keberhasilan mempertahankan kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun berturut-turut (2004-2014) bersumber dari Majalah Infobank.

2013
• Layanan Contact Center dengan kategori Industri Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan mendapatkan Excellence Service Performance oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty)
• CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) memberikan Excellence Service Performance untuk Customer Service berbasis email, kategori Industri dari Banking Finance Insurance (BFI) tahun 2013.
• Indonesian Healthcare Most Reputable Brand: Penghargaan kolaborasi dalam kategori asuransi kesehatan antara Onbee Research, Hachiko-Net Promoter Consultan dan Majalah SWA.
• Bisnis Indonesia Insurance Award 2013: Dalam kategori The Best Practice Life Insuracen.
• Platinum Trophy Award dari Majalah Infobank: berhasil mempertahankan prediket kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun berturut-turut (2003-2012)

2012
• CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty): Service Quality Gold Award
• CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty: Call Center Award
• Majalah Infobank memberikan Platinum Trophy Award karena keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 tahun Berturut-turut (2002 – 2011).

Komplain

Dari berbagai prestasi yang diraih, tentu saja ada masalah yang dialami antara nasabah dan Cigna. Contohnya adalah kasus yang dialami oleh salah satu nasabah bernama Sindy, ia tertarik dengan asuransi Cigna Family yang dibayar secara auto debit. Setelah seminggu, analis Cigna menghubungi ibu Sindy untuk melakukan auto debit dan mengaktifkan polis asuransi. Ibu Sindy merasa dikecewakan karena informasi benefit yang diberitahu berbeda dengan sebelumnya.

Maka dari itu, ibu Sindy meminta untuk dibatalkan polisnya dan disetujui oleh pihak Cigna. Namun tagihan debit bulan Mei 2018 sudah dilakukan, lalu 13 Mei 2018 ibu Sindy menghubungi call center yang ditanggapi bahwa pembatalan adalah 2 minggu atau 14 hari kerja untuk mengembalikan dana. Di tanggal 3 Juni 2018, ibu Sindy menghubungi kembali terkait refun, dikatakan sudah dilakukan. Namun sampai tagihan bulan Juni 2018 belum ada tanda-tanda pengembalian dana.

Setelah hal ini terjadi, Cigna Indonesia yang diwakili Ibu Choirina Prasetyanti sebagai Head of Costumer Service & Operations mengungkapkan permintaan maaf. Cigna Indonesia sendiri sudah mengembalikan dana premi asuransi ke rekening ibu Sindy pada 20 Juli 2018. Dari hal tersebut, bisa disimpukan bahwa sebenarnya Cigna bukan perusahaan penipu. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya informasi terkait dana pengembalian premi.